Seni Kuflet Padang Panjang Jadi Salah Satu Destinasi Kegiatan Safari

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM,PADANG PANJANG – Komunitas Seni Kuflet Padang Panjang menjadi salah satu destinasi dari kegiatan Safari Literasi Duta Baca Indonesia 2022. Gol A Gong, Sang Duta Baca Indonesia berbagi tips mengenai cerpen mini atau flash fiction. Minggu (21/8/2022). 

Gol A Gong mengatakan “Ada beberapa syarat dalam menulis flash fiction yaitu satu peristiwa, satu waktu dan satu lokasi. Kemudian cerpen mini mesti memiliki plot twist (Pelintiran alur/ending yang mengejutkan) agar menarik bagi pembaca” jelas Pendiri Rumah Dunia, Banten tersebut.

Read More

Gol A Gong memberikan beberapa contoh  cerpen mini, salah satunya berjudul Pulang Haji. “Para tetangga telah berbaris di depan rumah Mas Suryo. Menanti oleh-oleh, ada yang kebagian kurma ada juga yang memperoleh air zam-zam. Barisan tetangga mulai menyusut. Satu per satu dari mereka pulang karena sudah kebagian oleh-oleh. Tersisalah dua orang memakai baju dinas menghampiri Mas Suryo , seorang di antaranya berkata ini komisi project kemaren, 10% untuk Mas” Itulah kutipan dari contoh yang dipaparkan  Gol A Gong

Gol A Gong menambahkan “ Plot twist akan memberikan kesan kejutan bagi si pembaca. Apalagi pembaca sekarang ini cenderung tergesa-gesa dan mudah bosan. Sehingga Flash Fiction ini sangat relevan untuk dikonsumsi masyarakat sekarang. Teman-teman bisa melatih menulis cerpen mini di media sosial, seperti di twitter yang karakternya dibatasi hanya 140 karakter. Atau bisa di facebook, karena rata-rata jumlah kata dalam cerpen mini mencapai 500 kata, ajaknya.

Hasanah menuturkan “Saya sangat senang berjumpa dengan Gol A Gong, terlebih mendengarkan paparan mengenai cerpen mini. Ini pertama kali kita mengenal flash fiction, Kang Gong menjelaskan dengan cara yang sangat sederhana sehingga kita pun termotivasi untuk menerbitkan antologi cerpen mini bersama alumni dan anggota Komunitas Seni Kuflet pada tahun 2023, jelas  Mahasiswi Pascasarjana ISI Padang Panjang tersebut yang mantan Ketua Komunitas Seni Kuflet itu. (Edi Fatra//SEA).


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts