Syukuran Walinagari Harau, Bupati Safaruddin Minta Masyarakat Perkaya Inovasi dan Larang Jual Lahan

  • Whatsapp
Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo hadiri syukuran Walinagari Harau Syukriandi. (Foto: Ist)

MINANGKABAUNEWS.COM, LIMAPULUH KOTA – Nagari Harau, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota menggelar acara syukuran terpilihnya kembali Syukriandi, sebagai Wali Nagari periode 2022-2028, Kamis (8/8).

Acara digelar di kantor Wali Nagari Harau, dan dihadiri Bupati Safaruddin dan Ketua DPRD Deni Asra. Di tengah pesatnya kemajuan di Harau, Bupati minta masyarakat tidak menjual lahan mereka.

Bupati Safaruddin dalam sambutannya meminta Wali Nagari Harau meninjau kembali inovasi yang telah dilakukan agar di periode kedua masa jabatannya dapat memaksimalkan pembangun di nagari itu.

“Inovasi yang berhasil meningkatkan pembangunan harus dilanjutkan, sedangkan inovasi yang kurang maksimal hendaknya diganti dengan inovasi lain sehingga dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki nagari,” sebutnya.

Ia mengatakan, kemampuan berinovasi akan memudahkan usaha dan memajukan perekonomian masyarakat yang secara langsung dan juga akan meningkatkan perekonomian daerah.

Ia juga mengajak masyarakat Harau melakukan kerjasama dengan pihak luar namun dengan tidak menjual lahan yang mereka miliki.

“Masalah kepemilikan lahan di Nagari Harau patut menjadi perhatian bersama, jangan sampai nantinya nagari kita dieksploitasi, namun kita tidak mendapatkan apa-apa,” tutur Bupati.

Safaruddin juga menyebut tentang pertemuannya dengan ketiga putri Proklamator Bangsa Moh. Hatta. Bupati Safaruddin bertemu dengan ketiga putri Bung Hatta tersebut beberapa waktu yang lalu.

“Mereka turut menyampaikan kepada Kami pesan dari Bung Hatta bahwa Kekayaan masyarakat Minang terletak pada keagungan wanita dan harta pusaka tinggi yang dimiliki suatu kaum. Untuk itu mari bersama menjaga kekayaan Minangkabau,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Limapuluh Kota Deni Asra dalam sambutannya menyampaikan bahwa, setelah penyelenggaraan Pemilihan Walinagari (Pilwanag) serentak usai, tidak ada lagi perpecahan di masyarakat.

Ia mengajak masyarakat ikut membangun Nagari Harau dengan persatuan dan kekompakan. Dia juga berharap kolaborasi Pemerintah Nagari dengan Bamus Nagari, Pemkab, maupun Pemprov semakin solit.

“Mari kita tinggalkan semua euforia, saatnya berkarya, tidak ada arogansi adanya kolaborasi, tidak ada perpecahan adanya kebersamaan,” ucap Deni Asra.

Deni optimis, di masa kepemimpinan periode kedua Syukriandi sebagai Wali Nagari Harau, harapan masyarakat akan dapat terpenuhi. (akg)

Related posts