Wujudkan Visi Padang Pariaman Berjaya, Suhatri Bur Teken MoU dengan Universitas Bung Hatta

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG PARIAMAN – Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menyatakan Visi Padang Pariaman Berjaya memang harus betul-betul dirasakan oleh masyarakat. Komitmen tersebut diimplementasikan dengan penanaman nilai religiusitas/ keagamaan yang tinggi kepada masyarakat. Disamping itu, banyak program juga yang telah diprioritaskan untuk menghadirkan kesejahteraan dan membangun budaya yang kuat sebagai nilai leluhur ke daerahan.

“Mewujudkan itu semua, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) selalu menjalin kerjasama dengan berbagai pihak di berbagai sektor pembangunan, di bidang pendidikan telah dilakukan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi, termasuk Universitas Bung Hatta,” ucap Suhatri Bur saat menerima kunjungan Audiensi Rektor UBH Prof. Dr. Tafdil Husni beserta rombongan di ruang kerjanya di lantai II Kantor Bupati Padang Pariaman, Parit Malintang, Senin (15/8/2022).

Read More

Pada pertemuan yang berlangsung selama dua jam tersebut, terdapat 11 ruang lingkup kerjasama yang disepakati antara Universitas Bung Hatta dengan Pemkab Padang Pariaman. Bupati Suhatri Bur dalam hal ini sangat bersyukur dan mendukung penuh 11 poin kerjasama tersebut dan menyatakan siap untuk bekerjasama.

“Karena 11 tawaran kerjasama itu sudah menjadi konsep bupati dan wakil bupati (Wabup) dalam mewujudkan visi misi Pemkab untuk mewujudkan Padang Pariaman Berjaya,” jelasnya.

Suhatri Bur mengungkapkan, Pemkab Padang Pariaman selalu membuka peluang bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu mahasiswa dalam pengabdian masyarakat. Padang Pariaman merupakan Pilot Project 100 Kabupaten Smart City. Maka hal ini sangat diperlukan peran dan kontribusi perguruan tinggi melalui penempatan mahasiswanya di berbagai program dalam upaya percepatan pengaplikasian digitalisasi di 103 nagari di Padang Pariaman.

“Kerjasama yang baik diharapkan dapat saling memberi manfaat kepada kedua belah pihak, secara teknis akan kita tindaklanjuti dalam bentuk perjanjian kerjasama,” ungkap Suhatri Bur didampingi Sekretaris Daerah Rudy Repenaldi Rilis.

Kemudian Rektor UBH Prof. Tafdil Husni mengucapkan terimakasih atas kesempatan dan peluang yang diberikan oleh Pemkab Padang Pariaman. Pihaknya menyatakan, 11 ruang lingkup kerjasama itu diharapkan ada aksionnya. Bahkan pihaknya menawarkan kerjasama dalam bentuk lainnya seperti dalam bentuk peningkatan ekonomi masyarakat.

“Menguatkan pariwisata dan meningkatkan UMKM melalui digitalisasi, ini juga bagian dari meningkatkan pengabdian masyarakat,” ucap Tafdil.

Ia sebut, banyak potensi di Padang Pariaman yang bisa dikembangkan dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat melalui digitalisasi. Dan pihaknya menyatakan di UBH banyak SDM yang bisa diberdayakan. Bahkan berbagai kerjasama bisa langsung dikoneksikan dengan Kemetrian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Program kerjasama ini bisa juga diajukan ke Kemendikbud dengan memilih beberapa potensi yang ada,” sebut Tafdil.

Audiensi berlangsung akrab tersebut diakhiri dengan penandatangan kesepakatan kerjasama/MoU antara Pemkab Padang Pariaman yang ditandatangani oleh Bupati Suhatri Bur dengan pihak Universitas Bung Hatta yang ditandatangani oleh Rektor Prof. Tafdil Husni.

Ikut mendampingi Bupati Suhatri Bur, Asisten I Rudi Rahmat, Kabag PUM Wirson, Kabag Hukum Riki Zakaria, dan Kabag Prokopim Andri Satria Masri. Hadir bersama rombongan Rektor UBH, Warek III Dr. Hidayat ST, MT, Temmy Thamrin, Ph.D, Kabid Kerjasama dan Dr. Yeasy Darmayanti Ketua Program KKN UBH. (*)

Related posts