Wawako Solok Bareng BPOM RI Tinjau Pasar Pabukoan

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Wakil Walikota Solok Ramadhani Kirana Putra bareng BPOM (Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan) Padang, serta Tim Koordinasi dan Tim Tekhnis Pengawas Obat dan makanan Kota Solok, Selasa (5/4/2022), tinjau pasar pabukoan di Jalan Cengkeh Kota Solok.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, jika masuk bulan Ramadhan pedagang makanan dan minuman atau biasa disebut pabukoan, akan bermunculan disetiap sudut jalan.

Read More

Mulai dari pedagang musiman hingga pedagang yang kesehariannya berdagang. Dengan banyaknya muncul pedagang pabukoan di bulan Ramadhan ini, dikawatirkan produk makanan yang disajikan pedagang pabukoan di lapak-lapak pedagang terkontaminasi oleh hal-hal yang bisa mengganggu kesehatan.

Oleh karenanya, BPOM RI berdasarkan pasal 2 pada Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2017 tentang Badan Pengawas Obat dan Makanan, mempunyai tugas menyelenggarakan tugas pemerintahan di bidang pengawasan Obat dan Makanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Obat dan Makanan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2017, kategori obat terdiri atas obat, bahan obat, narkotika, psikotropika, prekursor, zat adiktif, obat tradisional, suplemen kesehatan, kosmetik, dan pangan olahan.

Faktanya, peredaran makanan maupun obat-obatan dewasa ini semakin luas dan beragam. Sayangnya, dengan peredaran yang begitu luas, tidak sedikit kasus temuan produk konsusmsi tanpa izin dan terbukti mengandung bahan-bahan berbahaya.

Related posts