KPU Limapuluh Kota Dapati 1.000-an Data Keanggotaan Parpol Tidak Memenuhi Syarat

  • Whatsapp
Ketua KPU Limapuluh Kota, Masnijon, membuka rapat koordinasi vermin keanggotaan parpol calon peserta pemilu di kantor KPU setempat. (Foto: Ist)

MINANGKABAUNEWS.COM, LIMAPULUH KOTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, memastikan sudah selesai melakukan proses verifikasi administrasi terkait dokumen persyaratan keanggotaan partai politik.

Verifikasi administrasi itu dilakukan terhadap keanggotaan partai calon peserta pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Limapuluh Kota. KPU setempat mendapati sebanyak 1.000-an data yang tidak memenuhi syarat (TMS).

Read More

“Sudah selesai kita laksanakan proses verifikasi administrasi. Ada sekitar 16.110 data dari 24 parpol dilakukan vermin,” kata Komisioner KPU Limapuluh Kota, Rina Fitri, di Tanjung Pati, Rabu (24/8).

Hasilnya, dari belasan ribu data perkiraan yang telah diverifikasi administrasi oleh KPU dipastikan terdapat 1.000-an data yang tidak memenuhi syarat. Kemudian 4.000-an data yang belum memenuhi syarat, dan lebih dari 9.000 yang telah memenuhi syarat.

KPU juga memastikan dari 24 parpol yang diverifikasi ditemukan banyak data ganda. “Ada ganda internal parpol maupun ganda eksternal parpol,” kata Rina diamini Komisioner KPU Limapuluh Kota, Arwantri.

Terhadap data ganda eksternal, anggota parpol nantinya dapat mengisi form yang menyatakan bahwa yang bersangkutan adalah anggota dari salah satu parpol.

“Kalau tidak ada yang mengisi form parpol maka otomatis TMS, atau jika form yang diisi juga lebih dari satu parpol maka yang bersangkutan akan diminta keterangannya secara langsung,” tambah Rina.

Proses verifikasi administrasi, selanjutnya bakal dilaksanakan semenjak 16 sampai 29 Agustus 2022 dan pada 30 sampai 31 Agustus 2022 menyerahkan ke KPU Provinsi.

“Pada 1 September 2022 nanti KPU Provinsi akan menyerahkan ke KPU RI pada 14 September 2022 mendatang,” tuturnya.

Di Kabupaten Limapuluh Kota sendiri, dikatakan, syarat minimal untuk lolos verifikasi administrasi sebanyak 389 keanggotaan parpol.

Dirinya mengajak masyarakat bisa ikut berpartisipasi mengecek data diri dengan mengakses situs https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Cari_nik dan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

“Pengecekan bertujuan guna memastikan masyarakat yang bukan anggota parpol tidak terdaftar sebagai anggota salah satu parpol. Supaya nanti tidak ada yang dirugikan,” imbuhnya. (akg)

Related posts