Respon Penanganan Gempa Bumi Cianjur, Ketua Umum JK Minta Bantuan dari PMI dipercepat, PMI Sumbar Galang Donasi

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, JAWA BARAT – Menanggapi bencana Gempa Bumi Magnitudo 5.6SR yang melanda masyarakat Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin lalu (21/11), Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Muhammad Jusuf Kalla meminta layanan serta distribusi bantuan dari PMI dipercepat.

Dilansir dari Siaran Pers Humas PMI Pusat, (23/11) Ketua Umum PMI, Muhammad Justru Kalla (JK) bertolak dari Jakarta menuju lokasi bencana gempa bumi. Ia bersama jajaran Pengurus PMI Pusat meninjau pengungsian di RT 02/011 Kampung Nabrak, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur.

Read More

Mantan Wakil Presiden RI ini mengunjungi warga dan membuka dialog bersama masyarakat yang terdampak. JK meminta agar masyarakat tetap waspada dan mengikuti himbauan relawan apabila terjadi gempa susulan. “Ibu jangan panik. Bila ada guncangan atau gempa susulan, patuhi himbauan relawan dan jangan lupa jaga kesehatan. Insha Allah keadaan akan membaik”, ucapnya.

Pada kunjungan tersebut JK juga melaporkan bahwa persediaan logistik dan dukungan relawan PMI saat ini telah menjangkau sejumlah wilayah terdampak di sejumlah desa. Tidak kurang dari 15 cabang PMI di Jawa Barat telah mengirimkan relawannya dalam respon tanggal bencana Gempa Bumi Cianjur ini.

“Terima kasih atas kesiapsiagaan Anda. Bantu masyarakat sekitar, perbaharui data agar cepat menjangkau masyarakat lainnya,” kata JK .

Terdapat sedikitnya 200 relawan yang bertugas dilayanan logistik, sanitasi dan kesehatan, distribusi air, dukungan psikososial, evakuasi, serta layanan pusat data dan informasi.

Sejauh ini PMI telah menyalurkan 200 selimut, 100 terpaulin, 3 unit tenda pengungsian, 800 perlengkapan kesehatan, 200 kantong jenazah, 150 paket perlengkapan bayi, serta 300 matras. PMI juga menyiagakan 3 unit truk angkut, 11 unit truk tangki air, 22 unit ambulans, satu mobil boks, dan 3 unit mobil operasional.

Namun bantuan ini masih jauh dari kata cukup untuk para penyintas bencana. JK berharap bantuan lain juga datang dari seluruh PMI yang ada di Indonesia.

Merespon permintaan ini, Ketua PMI Provinsi Sumatera Barat, Aristo Munandar menghimbau PMI Kabupaten/Kota untuk menggalang donasi di daerah masing-masing. Ia menyatakan bahwa PMI Provinsi Sumatera Barat siap menjadi wadah penyaluran donasi dari warga Sumatera Barat untuk masyarakat Cianjur yang terdampak.

“Kita sangat siap untuk hal ini. Untuk respon awal PMI Sumbar akan membuka saluran donasi dalam bentuk dana. Dan Silahkan PMI Kab/Kota juga menggalang donasi didaerah masing-masing”, ucap Aristo saat dijumpai hari ini di Markas PMI Provinsi Sumatera Barat (Kamis 24/11/2022).

Untuk selanjutnya, PMI akan melakukan koordinasi yang lebih mendalam bersama PMI Pusat dan PMI Provinsi Jawa Barat terkait realisasi bantuan yang nantinya akan disalurkan melalui PMI Provinsi Sumatera Barat.

“Kita akan lihat apa yang bisa kita bantu, apakah cukup dengan bantuan berupa dana ataukah perlu mobilisasi relawan dan lainnya”, capnya.

Jika dibutuhkan jenis bantuan lanjutan, tambah Aristo, PMI Provinsi Sumatera Barat akan menyampaikan kepada masyarakat.

Bagi masyarakat khususnya wilayah Sumatera Barat, Aristo menghimbau agar ikut berdonasi membantu meringankan beban penderitaan warga penyintas bencana gempa bumi di Cianjur saat ini.

Kepada masyarakat yang ingin berdonasi melalui PMI dapat menyalurkan bantuannya ke rekening donasi PMI Provinsi Sumatera Barat (Bank Nagari 2100.0230.00080-5 / a.n PMI Provinsi Sumbar). Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Sekretaris PMI Provinsi Sumatera Barat, Refdiamond (0812 6792 355) atau menghubungi Kepala Markas PMI Provinsi Sumatera Barat, Hidayatul Irwan (0811 6631-171). (Tirman/Humas PMI Sumbar)

Related posts