Wawako Marfendi: Peringatan Harkitnas Menjadi Salah Satu Momen untuk Bangkitnya Indonesia

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, BUKITTINGGI – Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi menggelar upacara bendera peringati Hari Kebangkitan Nasional ke-114 tahun 2022.

Wakil Wali Kota Bukittinggi langsung bertindak sebagai Inspektur Upacara yang dilaksanakan di Halaman Balai Kota Bukittinggi, Jum’at (20/5/2022).

Read More

Wakil Wali Kota Bukittinggi Marfendi membacakan, pidato Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G. Plate. Dalam pidato tersebut disampaikan, pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia.

“Di masa itu, terdapat ancaman perpecahan antar golongan dan ideologi ditengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa. Sehingga, semangat persatuan yang digagas Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa,” ucap Marfendi.

Marfendi menjelaskan, Boedi Oetomo telah meletakkan tiga cita-cita bagi kebangkitan nasional yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

“Kelahiran Boedi Oetomo mempelopori terciptanya organisasi pergerakan di masa selanjutnya seperti Indische Partij, Perhimpunan Indonesia dan Muhammadiyah,” jelasnya.

Ia menambahkan, peringatan Harkitnas, menjadi salah satu momen untuk bangkitnya Indonesia, sesuai dengan tema Harkitnas 2022 ini, “Ayo Bangkit Bersama”. Semua harus belajar pada suasana bathin pahlawan terdahulu.

“Jadi semangat persatuan ini yang perlu kita bangkitkan kembali, bersatu dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Semangat ini harus kita pelihara sampai nanti. Kalau kita sekarang ditambah dengan mengisi kemerdekaan ini dengan tetap mempertahankan jiwa dan semangat bersatu untuk NKRI,” imbuh Wawako.

Terkait bangkit dari pandemi, pihaknya berpesan, agar masyarakat secara bersama-sama untuk bangkit dari musibah ini.

“Jangan terlalu larut dengan pandemi, jadikan ini sebagai ujian dari Allah untuk kita bangkit menjadi insan yang lebih baik lagi kedepannya,” tutup Wakil Wali Kota Bukittinggi itu.

Related posts