KONI 50 Kota Inisiasi Rencana Pembangunan Fasilitas Olahraga di GOR Singa Harau

  • Whatsapp
Duduk bersama, KONI Limapuluh Kota gelar rakor bersama Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) beberapa waktu lalu. (Foto: Humas KONI 50 Kota)

MINANGKABAUNEWS.COM, LIMAPULUH KOTA – Rencana pembangunan fasilitas olahraga berupa gedung serbaguna mengapung di Kabupaten Limapuluh Kota. Hal tersebut diinisiasi oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setempat.

Ketua KONI Kabupaten Limapuluh Kota, Wirianto Dt Paduko Basa Marajo, menyampaikan gagasan tersebut kepada Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora), Desri, saat berkunjung ke Kantor Sekretariat KONI belum lama ini.

Read More

Dia menyebut, proses pembangunan fasilitas olahraga sangat dibutuhkan untuk pembinaan atlit dan peningkatan prestasi. Langkah tersebut bisa dilaksanakan dengan cara pengajuan proposal pembangun Gedung Serba Guna kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Saat ini, lanjut Wirianto, Kabupaten Limapuluh Kota belum memiliki Gedung Serba Guna yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan olaraga termasuk kegiatan dan iven lainnya.

“Jika nanti permohonan dana hibah untuk pembangunan Gedung Serba Guna dikabulkan Kemenpora, maka nanti bisa dimanfaatkan untuk sarana atau kegiatan olahraga, sekaligus juga dapat dimanfatkan sebagai Sekretarat KONI Limapuluh Kota,” sebut Wirianto.

KONI Limapuluh Kota, kini belum memiliki gedung sekretariat yang permanen. Kantor sekretariat KONI yang dipakai saat ini berada di komplek kantor Bupati lama di pusat Kota Payakumbuh, sifatnya hanya meminjam sementara kepada Pemkab Limapuluh Kota.

Terkait rencana pembangunan Gedung Serba Guna tersebut, ulas Wirianto, lokasinya dapat memanfaatkan tanah yang berada di GOR Singa Harau, di Ketinggian, Sarilamak, Harau.

Rencana KONI Limapuluh Kota untuk mengajukan proposal kepada Kemenpora guna pembangunan Gedung Serba Guna tersebut, mendapat dukungan dari Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Limapuluh Kota, Desri.

“Selaku Kadisparpora Limapuluh Kota, saya memberikan support serta dukungan kepada KONI Limapuluh Kota yang berjuang mendapatkan dana hibah dari Kemenpora untuk pembangunan Gedung Serba Guna tersebut,” ujar Desri.

Desri menyebut, Disparpora bakal mendukung penuh segala program kegiatan positif untuk pembinaan para atlet Limapuluh Kota, termasuk rencana pengajuan proposal ke Kemenpora untuk pembangunan Gedung Serba Guna yang akan dijadikan sebagai fasilitas olahraga dan Sekretariat KONI Limapuluh Kota.

“Bersama-sama dengan KONI, Disparpora Limapuluh Kota siap berjuang untuk ‘manjuluak’ dana hibah dari Kemenpora tersebut, jika nanti prososal permohonan pembangunan Gedung Serba Guna tersebut telah rampung dan siap diajukan Kemenpora,” imbuhnya. (akg)

Related posts