Masih Hitung Tahun, 5 Nama Bakal Maju di Pilkada Agam 2024, Termasuk Amril Jambak

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.com, AGAM – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Sumatra Barat masih terbilang lama. Namun beberapa tokoh namanya sudah mulai diapungkan untuk mengikuti Pilkada Kabupaten Agam pada 2024 nanti.

Dari pantauan Minangkabaunews.com dari media massa dan media sosial yang ada dan berdasarkan isu yang berkembang ditengah masyarakat, Kamis (29/9/2022).

Read More

Saat ini ada lima nama baru, dipredikasi akan ikut pada pesta demokrasi pencalonan Bupati maupun Wakil Bupati Kabupaten Agam pada Pilkada Agam untuk periode 2024-2029 nanti.

Selain petahana, Andriwarman dan Irwan Fikri yang sekarang menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Agam periode 2020-2024 itu, juga diikuti nama baru diantaranya, Ade Rizki Pratama, Martias Wanto, Lazuardi Erman, serta Noveri Edios dan Amril Jambak.

Pertama, Ade Rizki Pratama.

Ade Rizki Pratama adalah seorang pengusaha dan politisi Indonesia. Ia merupakan anggota DPR-RI mewakili pemilihnya dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatra Barat II melalui Partai Gerindra. Pria kelahiran 8 November 1988 itu, merupakan Anggota DPR-RI pada periode 2014-2019 dan berlanjut pada periode 2019 hingga 2024 nanti.

Pada Periode awal, Ade Rizki merupakan anggota DPR RI termuda, serta ditunjuk untuk memimpin sidang paripurna bersama Popong Otje Djundjunan yang merupakan anggota DPR-RI tertua dari daerah pemilihan Jawa Barat.

Politikus muda ini diapungkan dan diprediksi akan ikut serta dalam pilkada Kabupaten Agam 2024 nanti.

Kedua, Martias Wanto.

Martias Wanto menjabat sebagai Sekdako Bukittinggi saat ini, mulai disebut-sebut sebagian tokoh, sebagai bakal calon Bupati Agam pada Pilkada Agam 2024 nanti. Juga beredar luas di media sosial, niniak mamak Suku Piliang Lubuk Basung yang bergelar Dt Maruhun itu, kerap disandingkan dengan Ade Rizki Pratama sebagai pasangan calon pada Pilkada Agam 2024 nanti.

Tokoh yang satu ini, sudah fimiliar di kalangan dunia birokrasi mulai dari camat, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan beliau ini, dipercaya pertama kali menjabat Sekda Kabupaten Agam pada masa kepemimpinan Bupati Indra Catri. Kemudian Saat ini, Martias Wanto juga masih diberi amanah jabatan Sekdako Bukittinggi pada masa kepemimpinan Wali Kota Erman Safar.

Tokoh yang satu ini diprediksi akan ikut dalam Pilkada Kabupaten Agam, karena beliau dinilai berpengalaman dalam mengelola pemerintahan dan diyakini mampu memimpin kabupaten Agam pada periode berikutnya.

Ketiga, Lazuardi Erman.

Nama Lazuardi Erman belakangan ini mulai mengapung menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat luas. Ketua DPC Partai Golkar Kabupaten Agam tersebut, terpilih sebagai anggota DPRD Provinsi Sumatra Barat, Periode 2019-2024 nanti.

Sebelumnya, ninik-mamak, dengan gelar Datuak Bandaro Kayo itu, beliau juga pernah menjabat tiga periode di DPRD Agam dan juga pernah menjadi wakil ketua DPRD Agam.

Selama menjadi wakil Rakyat Lazuardi Erman dikenal sangat fokus pada pemberdayaan serta peningkatan ekonomi petani dan nelayan, selain itu melalui dana pokirnya. Ia selalu mendorong pembangunan sarana penunjang, seperti irigasi dan jalan. Bahkan baru-baru ini dikabarkan tokoh yang satu ini tengah getol memperjuangkan pelebaran jalan di Lubuk Basung sebagai Ibu Kota Kabupaten Agam.

Keempat, Noveri Edios.

Ketua DPD Partai Bulan Bintang Agam yang akrab disapa Yos Fokal (Komunikasi Anak Lubuk Basung (Fokal), belakangan ini hangat diperbincangkan di kalangan masyarakat.

Noveri Edios terpilih menjadi anggota DPRD Agam periode 2014-2019 dan kembali terpilih menjadi wakil rakyat pada periode 2019 hingga 2024 nanti.

Namanya yang cukup populer di masyarakat, karena beliau berperan aktif dalam berbagai kegiatan sosial masyarakat serta mendukung penuh kegiatan kepemudaan.

Di kalangan kaum milenial nama Noveri Edios juga mengapung, bakal turut serta dalam pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Agam pada 2024 nanti.

Kelima, Amril Jambak tinggal di Pekanbaru, Riau. Dalam organisasi, Ia menjabat Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Riau. Dan saat ini, Amril Jambak menjadi Penguji pada Uji Kompetensi Wartawan dari Lembaga Uji Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Amril dinilai pantas dan memiliki peluang maju pada Pilkada Agam 2024 nanti. Dan melihat profesi yang digelutinya, Putra Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung ini, dipastikan memiliki relasi hingga ke Pusat.

Amril Jambak (kiri) bersama Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra (Alm) dan penguji UKW PWI di Bukittinggi pada 10-11 September 2022 lalu.

Nah, Itulah nama-nama baru yang mulai mengapung serta diprediksi akan maju pada Pilkada Kabupaten Agam 2024 nanti.

Terkait kebenaran desas-desus yang berkembang, kebenarannya dapat dibuktikan saat cukupnya suara dukungan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) termasuk partai pengusungnya, ketika mendaftar ke KPU Kabupaten Agam sesuai jadwal yang ditentukan nanti. (*)

Related posts