Masjid Taqwa Muhammadiyah Sumbar Terpilih sebagai Masjid Beneficiaries Program Masjid Hijau Bank Indonesia

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.com, PADANG — Masjid Taqwa Muhammadiyah terpilih sebagai salahsatu masjid yang menerima manfaat program pemberdayaan ekonomi keummatan berbasis masjid melalui pilot project program Masjid Hijau Bank Indonesia.

Masjid Taqwa dan 11 masjid Beneficiaries ini akan dipasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan pengembangan bisnis usaha syariah dengan dukungan dari Bank Indonesia.

Read More

Sekretaris Masjid Taqwa Muhammadiyah Sumbar, Buya Solsafad mengatakan kita sangat berbangga dan bahagia masjid taqwa Muhammadiyah Taqwa terpilih oleh Bank Indonesia untuk melaksanakan program Masjid Hijau Bank Indonesia.

“Kita masih menunggu tahapan selanjutnya pasca telah diterimanya surat dari BI terkait pilot project program Masjid Hijau Bank Indonesia,” tuturnya di Masjid setempat, Senin, (29/8/2022).

Buya Solsafad menjelas berdasarkan surat yang kami terima dari BI program ini bertujuan diversifikasi pengembangan usaha syariah oleh KPUS, selain itu juga bentuk dukungan terhadap kebijakan keuangan dan kelembagaan hijau BI dengan output pengembangan model bisnis ekonomi syariah hijau dan menambah referensi model bisnis usaha syariah berbasis komunitas masjid yang dapat direplikasi di berbagai wilayah di Indonesia khususnya di wilayah kerja KPWON.

Bank Indonesia bekerja sama dengan Unit Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) Departemen Teknik Mesin Universitas Indonesia (DTM FT Ul) dalam melaksanakan pilot project tersebut.

Salah satu program Masjid Hijau Bank Indonesia yakni Pemasangan instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dilakukan di 12 (dua belas) masjid beneficiaries atau penerima manfaat,

Adapun 12 masjid beneficiaries itu antaralain Masjid Raya Baiturrahman Aceh, Masjid Al Furqon Bandar lampung, Masjid Taqwa Muhammadiyah Kota Padang, Masjid Nurul Islam Medan, Masjid Attaqwa Kota Cirebon, Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta, Masjid Raya Al Falah Jawa Tengah.

Kemudian Masjid Akbar Moedhar Arifin Jawa Timur, Masjid Raya Al Fattah Kota Ambon, Masjid Darul Muttaqien, Masjid Kapal Munzalan dan Masjid Paripurna Al-Huda.

Related posts