Pengurus UPZ Nagari se-50 Kota Resmi Dilantik, Ini Kesiapan UPZ Nagari Kotobaru Simalanggang

  • Whatsapp
Tiga pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Nagari Kotobaru Simalanggang usai dilantik, Senin (3/9). (Foto: Anjas Surya for MKN)

MINANGKABAUNEWS.COM, LIMAPULUH KOTA – Sebanyak 240 orang pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Nagari se-Kabupaten Limapuluh Kota sudah selesai dilakukan pengambilan sumpah dan pelantikan, Senin (3/9) siang. Prosesi pelantikan dilakukan secara resmi oleh Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Limapuluh Kota, Yulius.

Menurut informasi yang diperoleh MKN dari salah satu pengurus UPZ nagari yakni nagari Kotobaru Simalanggang, Senin malam, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pengurus UPZ nagari tersebut berlangsung di aula Medan Bapaneh, Nagari Tarantang, Kecamatan Harau.

Read More

Hadir dalam kegiatan itu, ketua Baznas Limapuluh Kota, Yulius, bersama jajaran, Sekretaris Daerah Limapuluh Kota, Widia Putra, serta Ketua DPRD Limapuluh Kota, Deni Asra. Masing-masing nagari memiliki pengurus sebanyak 3 orang dengan jumlah 237 orang, ditambah 3 orang dari satu nagari persiapan.

“Alhamdulillah, kita diberi amanah untuk merealisasikan program Baznas di tingkat nagari. Kita akan mensosialisasikan kepada para muzaki yang tinggal di nagari maupun di perantauan, agar menyalurkan zakatnya kepada UPZ nagari,” kata Ketua UPZ Nagari Kotobaru Simalanggang, Agus Suprianto.

Dijelaskan Agus didampingi sekretarisnya, Anjas Surya, serta bendahara, Rahmadhani Ichsan, ke depan dana zakat di nagari tersebut akan mereka kelola secara profesional, supaya bisa di distribusikan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

“UPZ merupakan lembaga resmi dibawah naungan BAZNAS, sebagai perpanjangan tangan dari BAZNAS utk menghimpun zakat di tingkat nagari, sehingga zakat di Nagari bisa terkelola dengan baik,” tambah Anjas.

Zakat yang dihimpun dan dikelola UPZ Nagari nantinya, sebutnya, akan bermanfaat bagi masyarakat Nagari Kotobaru Simalanggang.

“Dengan adanya UPZ di nagari, hal tersebut diharapkan bisa lebih produktif lagi dalam pembayaran, pendistribusian ataupun penyaluran zakat itu sendiri,” sebut Rahmadhani Ichsan.

Sementara itu, Wali Nagari Kotobaru Simalanggang, Rezki Yuanda Putra memastikan sangat mensupport diaktifkannya kembali UPZ nagari oleh Baznas Limapuluh Kota. Ini ditandai dengan telah dilantiknya secara serentak pengurus UPZ Nagari se-Limapuluh Kota,

“Dengan semangat pengurus yang baru semoga program yang sudah disusun bisa direalisasikan, sehingga nantinya zakat yang ada di Nagari bisa terkelola dengan baik,” harap Rezki Yuanda Putra.

Dia berharap, hal tersebut akan menjadi dampak positif bagi jalannya perekonomian masyarakat. Pihaknya juga menghimbau khususnya masyarakat Nagari Kotobaru Simalanggang, agar ikut mendukung kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh pengurus UPZ Nagari Koto Baru Simalanggang nantinya. (akg)

Related posts