Rumah Warga di Nagari Kotobaru Simalanggang Terbakar, PRIMUDA Spontan Turun ke Jalan

  • Whatsapp
Kondisi rumah milik ,Musni, warga Nagari Kotobaru Simamalanggang, Kecamatan Payakumbuh, yang terbakar, Senin (20/6) siang. (Foto: Anjas Surya for MKN)

MINANGKABAUNEWS.COM, LIMAPULUH KOTA – Peristiwa kebakaran nahas menimpa sebuah rumah milik Musni, 60 tahun, warga Jorong Koto Baru, Nagari Kotobaru Simalanggang, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, Senin (20/6) siang.

Kobaran api dilaporkan sempat menjalari seisi rumah, hingga nyaris menghanguskan seluruh perabotan serta barang-barang yang ada di dalam rumah. Beruntung, api dengan cepat dipadamkan, sehingga tidak merusak seluruh bangunan permanen tersebut.

Read More

Sejumlah pemuda dari komunitas PRIMUDA turun ke jalan menghimpun donasi untuk korban kebakaran. (Foto Anjas Surya)

Menurut keterangan Agus Suprianto, pemuda setempat yang sempat menyaksikan kejadian, kobaran api yang membakar rumah Musni diketahui berasal dari alat penambal ban. Musni, siang itu diketahui bekerja menambal ban sepeda motor yang bocor di bagian teras rumahnya.

“Diduga api tambal ban tersebut menyambar bensin yang tumpah di teras rumah, sehingga dengan cepat membesar dan membakar seisi rumah,” kata Agus, dikonformasi wartawan terkait kronologis kejadian.

Selain berusaha menambal ban motor, Pak Musni juga memanfaatkan bagian depan rumahnya berjualan bensin. Namun malang menimpanya, api dengan cepat menyambar bahan bakar minyak lalu melahap bagian depan rumah.

“Tadi ada sekitar 2 unit mobil pemadam kebakaran datang ke sini memadamkan api. Warga disini juga ikut bahu-membahu melakukan upaya pemadaman,” sebutnya.

Akibat kejadian, Musni yang tinggal dengan anak-anaknya di rumah tersebut dilaporkan terpaksa mengungsi buat sementara, karena rumah bersama perabotannya tidak lagi bisa ditempati. Hingga berita ini diturunkan, belum bisa dipastikan berapa kerugian materil yang diderita korban.

Hanya saja, sejumlah masyarakat terutama komunitas pemuda setempat secara spontan langsung turun ke lapangan membantu menggalang donasi bantuan. Salah satunya dari Komunitas Persatuan Remaja islam Mushalla Al-Huda (PRIMUDA).

Sejumlah komunitas pemuda yang memiliki basecamp di Nagari Kotobaru Simalanggang itu pun, turun ke jalan untuk mengumpulkan donasi. Tidak hanya ke rumah-rumah penduduk, mereka juga turun ke jalan raya.

“Kami inisiatif turun ke jalan, menanggapi adanya musibah kebakaran yang menimpa salah seorang warga di sini. Setidaknya aksi ini bermanfaat untuk meringankan beban yang dihadapi korban,” harap Anjas Surya, koordinator PRIMUDA yang ikut turun ke jalan bersama sejumlah rekannya.

Sampai Senin sore, Anjas memastikan, ia bersama pemuda setempat yang peduli masih terus menghimpun dana bantuan menggunakan kardus ke jalan-jalan nagari. Nantinya setelah terkumpul, uang donasi tersebut bakal diserahkan kepada korban kebakaran. (akg)

Related posts